Ada yang berbeda dari pengambilan raport di SMA Sang Timur Yogyakarta kali ini. Karena sebelum para wali murid mengambil raport anak-anaknya, mereka disuguhkan laporan kegiatan sekolah selama satu semester. Namun, laporan kegiatan sekolah tersebut tidak berupa pembacaam laporan tertulis oleh salah satu guru. Laporan ini dikemas semenarik mungkin dalam bentuk video yang disiapkan oleh OSIS, dan dipresentasikan dengan jelas kepada para wali murid oleh Brigita Ayu selaku Ketua OSIS SMA Sang Timur Yogyakarta. Beberapa kegiatan sekolah yang telah dilaksanakan antara lain PLS (Pengenalan Lingkungan Sekolah), open house, lomba masak, bakti sosial, pekan akhir semester (class meeting), kemah dewan amabalan, pameran batik di JEC serta proses pembuatan rubric putih abu-abu di Trubun Jogja oleh siswa/I SMA Sang Timur Yogyakarta.

Selain itu, acara menarik selanjutnya yaitu semiar “Parenting” oleh Ibu Mery yang merupakan alumni SMA Sang Timur Yogyakarta. Sekarang Ia telah menjadi konsultan pendidikan sekolah swasta di Indonesia bahkan sudah merambah ke dunia internasional. “Biasanya saya ngantuk kalau disuguhi acara seminar pas pengambilan raport,tapi kemarin tidak ada rasa kantuk sama sekali karena seminarnya menarik banget,” tutur Retno Kriswanti salah satu wali murid. Seminar ini mengajarkan bagaimana menjadi orang tua yang baik, yang bisa mengerti keadaan anaknya dan bisa menjadi sahabat bagi anak-anaknya. Tak jarang juga Ibu Mery bertingkah lucu sehingga mengundang tawa dari para wali murid sehingga dapat mencairkan suasana. Setelah seminar selesai, beberapa wali murid mendapat kejutan dari anak-anaknya lewat video ucapan terimakasih yang dibuat oleh anak-anak mereka dan ditayangkan di akhir acara.

Akhirnya tibalah saatnya pengambilan raport siswa/i SMA Sang Timur oleh para wali murid. Saat keluar dari ruang serbaguna, para wali murid dapat melihat hasil karya anak-anak mereka lewat mading tiga dimensi bernuansa natal yang dipamerkan di depan ruangan. Setelah puas meliha-lihat hasil mading tida dimensi, satu demi satu wali muridpun menuju ke pos kelas dari anak-anak mereka masing-masing. Begitulah proses pengambilan raport di SMA Sang Timur Yogyakarta, yang di laksanakan secara berbeda dari biasanya.

Brigita Ayu