Yogyakarta. Club Biologi yang diberi nama Bilife (Bio Life)  pada Minggu
(27/08/2017) mengadakan studi lapangan. Studi lapangan tahun ini bertempat di Pantai Krakal dan Gunung Api Purba Nglanggeran.

Tujuan diadakannya studi lapangan ini yaitu mempelajari keanekaragaman hayati ekosistem pantai dan gunung, sehingga para peserta diharapkan dapat menemukan objek-objek flora dan fauna  laut yang nantinya akan diawetkan (herbarium basah) yang  dapat dijadikan media atau sumber pembelajaran biologi di sekolah dan dalam rangka menjaga kelestarian ekosistem pantai & gunung dengan membersihkan lingkungan sekitarnya.

Peserta studi lapangan ini berjumlah 30 orang namun tidak semua anggota ekstrakurikuler club biologi. Dengan didampingi Bapak Yoseph kami berangkat menggunakan bus pukul 06.00 WIB. Sebelum perjalanan kami berdoa dan melakukan briefing terlebih dahulu.Waktu yang ditempuh untuk sampai tujuan kurang lebih 2 jam. 

Kemudian  berkumpul dengan kelompoknya masing-masing untuk menentukan titik pencarian objek (ploting area). Karena hari sudah mulai siang sehingga gelombang mulai tinggi, objek-objek yang ditemukan hanya berupa berbagai macam jenis batu dan terumbu karang, ikan, kepiting, kerang laut, siput laut, serta rumput laut, alga hijau dan alga merah

Selesai dari Pantai Krakal kami menuju Gunung Api Purba Nglanggeran. Perjalanan dari pantai ke gunung memakan waktu kurang lebih 45 menit. Setibanya di sana, kami harus mendaki sekitar 700 mdpl untuk mencapai puncaknya. Setiap perhentian kami nikmati pemandangannya, kami sangat optimis bisa sampai puncak, walaupun pada akhirnya hanya 25 orang saja. Perjuangan kami tidak sia-sia, begitu sampai di puncak gunung kami sangat puas menikmati pemandangan. Hingga matahari hampir terbenam pun, rasanya segan untuk kembali. Di puncak selain berfoto-foto, kami melakukan aksi bersih-bersih. Sekitar pukul 16.30 rombongan kami memutuskan untuk ke bawah. Sampai di bawah  kami saling berbagi cerita dan mengevaluasi kegiatan satu hari ini. Di bus karena sudah terlalu lelah, kami semua tidur sampai akhirnya sampai di Sang Timur dengan selamat pukul 19.00.

(Penulis ct & dv X IPS)

 
 

Who's Online

We have 22 guests online